Sen - Jum: 10.00 - 18.00 WIB

+6288292100135

kirimpesan[at]chayra[dot]id

Apa Yang Harus Dilakukan Jika Menghadapi Masalah Hukum?

Chayra Blog (2)
5
(1)

Namanya juga hidup, kita akan mengalami berbagai permasalahan yang terjadi. Salah satunya adalah mengenai masalah hukum. Masalah hukum bukan berarti kita punya sengketa dengan orang atau pihak lain, namun bisa jadi masalah hukum timbul karena aktivitas kita sehari – hari. Misalnya aktivitas dalam usaha atau bisnis kita.

Atau mungkin masalah utang piutang, waris, pembagian harta bersama, perceraian, dan masih banyak lagi permasalahan di bidang hukum yang mungkin saja timbul tanpa pernah dapat kita prediksi.

Nah apabila timbul masalah hukum, bagaimana sebaiknya cara kita menghadapinya? Chayra Bisnis akan membagikan informasi mengenai langkah – langkah sederhana yang dapat anda tempuh

Jangan Panik

Saat menghadapi sebuah masalah hukum, yang paling penting yang perlu anda lakukan adalah jangan panik. Sikap tenang anda sangat diperlukan agar masalah hukum yang anda hadapi dapat diselesaikan dengan baik.

Panik dalam menghadapi sebuah masalah hukum hanya akan menimbulkan persoalan hukum lain yang mungkin jauh lebih sulit dan diuraikan untuk dapat dicarikan solusinya dengan tepat.

Kumpulkan Bukti

Dalam menghadapi masalah hukum, anda perlu mengumpulkan bukti – bukti yang relevan. Baik bukti tertulis seperti perjanjian ataupun keterangan dari pihak lain yang relevan untuk memperkuat posisi dan kedudukan anda.

Dengan mempersiapkan segala bukti dengan baik, adalah kunci yang tepat agar anda dapat menghadapi masalah hukum yang terjadi dengan baik pula.

Hindari bercerita dengan pihak yang sama sekali tidak kompeten

Menghadapi masalah hukum, bukan berarti anda harus bercerita ke banyak pihak, apalagi bercerita kepada orang – orang yang tidak kompeten untuk memberikan solusi. Kompeten bukan hanya berarti dari sisi keilmuan namun juga pengalaman dalam menghadapi masalah hukum.

Negosiasi

Jika anda mengalami masalah hukum dengan pihak lain, mungkin anda juga dapat mengajak rekan anda untuk duduk bersama untuk mencari solusi yang dapat diterima oleh anda dan juga rekan anda. Proses negosiasi tidak memerlukan prosedur baku ataupun membutuhkan pihak ketiga sebagai penengah. Namun yang diperlukan dalam negosiasi adalah kemampuan mendengarkan terhadap kemungkinan kesulitan yang sedang dihadapi oleh rekan anda.

Layak Dibaca:  Jasa Hukum yang Diberikan Advokat

Konsultasi

Tidak semua masalah hukum perlu diselesaikan dengan membawanya ke jalur hukum. Namun bisa juga selesai apabila kita melakukan konsultasi hukum dengan penasihat hukum yang terakreditasi. Melakukan konsultasi hukum ke penasihat hukum yang terakreditasi juga akan membuat anda mengetahui solusi yang mungkin dapat ditempuh oleh anda untuk menyelesaikan masalah hukum anda.

Konsultasi Hukum Via Internet

Untuk melakukan konsultasi hukum saat ini juga sangat mudah. Anda hanya memerlukan akses internet untuk mengakses layanan konsultasi hukum di Internet. Melakukan konsultasi hukum via internet juga memiliki kelebihan, anda tidak perlu hadir secara fisik dan pertanyaan anda dapat langsung dijawab oleh penasihat hukum yang telah terakreditasi.

Apakah kabar ini berguna?

Anda yang tentukan bintangnya!

Tingkat Kepuasan 5 / 5. Jumlah pemberi bintang: 1

Belum ada yang kasih bintang! Jadi yang pertama memberi bintang.

Karena kabar ini berguna untuk anda...

Kirimkan ke media sosial anda!

Pandu langkahmu menuju kesuksesan sebagai seorang advokat dengan mengikuti Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) yang diselenggarakan oleh Chayra Institute, bekerjasama dengan DPN PERADI dan PMIH Universitas Pancasila.

Dalam program PKPA, kamu akan dibimbing oleh tenaga pengajar yang berpengalaman dan ahli di bidang hukum. Kurikulum yang disusun secara komprehensif akan memberikan pemahaman mendalam tentang aspek-aspek penting dalam praktik Hukum. Dapatkan pengalaman belajar yang berkualitas dan relevan dengan tuntutan profesi advokat saat ini.

Ikuti Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) yang diselenggarakan oleh Chayra Institute sekarang juga!

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berlangganan Email

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan dan menerima pemberitahuan Kabar Chayra terbaru melalui surel.

Bergabung dengan 1 pelanggan lain