Apa itu Polisi Tidur dan Bagaimana Spesifikasi yang Sesuai dengan Peraturan Perundang-undangan

5
(1)

“Polisi tidur adalah rintangan yang dibuat secara sengaja untuk mengurangi kecepatan kendaraan. Namun, banyak masyarakat yang membangun polisi tidur secara mandiri dengan ukuran yang tidak sesuai. Dalam artikel ini, kami akan membahas apa itu polisi tidur, sejarahnya, dan spesifikasi yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan”

Polisi tidur adalah istilah yang digunakan untuk menjelaskan sebuah rintangan yang dibuat secara sengaja untuk mengurangi kecepatan kendaraan saat berkendara. Walaupun istilah ini tidak baku, tetapi polisi tidur ini sudah masuk dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dengan arti sebagai “bagian permukaan jalan yang ditinggikan secara melintang untuk menghambat laju kendaraan.” Polisi tidur biasa ditemukan saat memasuki komplek perumahan yang bukan tempat untuk memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi.

Polisi tidur sudah dikenal sejak tahun 1906 dan desainnya terus diperbaharui hingga pada tahun 1950 ditemukan rancangan yang ideal oleh pemenang penghargaan Nobel di bidang elektromagnetik bernama Arthur Holly. Pembangunan polisi tidur harus sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang ada seperti tinggi, lebar, warna, dan lain-lain. Namun, kenyataannya banyak masyarakat yang membangun polisi tidur secara mandiri dengan ukuran yang tidak sesuai spesifikasi peraturan perundang-undangan. Hal ini sering mengakibatkan pengguna jalan menjadi terganggu oleh polisi tidur yang bentuknya terlalu tinggi atau warnanya yang tidak jelas terlihat.

Dapatkan Kabar Terbaru dari Kami melalui Whatsapp Channel Chayra.ID. Jadi, jangan ragu lagi! Temukan solusi terbaik untuk kebutuhan bisnis Anda

Sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 14 Tahun 2021, polisi tidur atau alat pembatas kecepatan harus memiliki spesifikasi sebagai berikut : terbuat dari bahan badan jalan, karet, atau bahan lainnya yang memiliki kinerja serupa, ukuran tinggi antara 5 cm sampai dengan 9 cm, lebar total antara 35 cm sampai dengan 39 cm dengan kelandaian paling tinggi 50%, dan kombinasi warna kuning.

Terdapat tiga jenis alat pembatas kecepatan yaitu Speed Bump, Speed Hump, dan Speed Table.

Speed Bump adalah jenis polisi tidur yang memiliki tinggi yang lebih rendah dibandingkan dengan Speed Hump dan Speed Table. Speed Bump memiliki tinggi yang berkisar antara 5 cm sampai 9 cm dengan lebar total antara 35 cm sampai 39 cm. Kelebaran yang lebih kecil dari Speed Bump ini menyebabkan kendaraan harus melambat lebih cepat ketika melewatinya.

Speed Hump adalah jenis polisi tidur yang memiliki tinggi yang lebih tinggi dibandingkan dengan Speed Bump. Tinggi Speed Hump berkisar antara 10 cm sampai 15 cm dengan lebar total antara 50 cm sampai dengan 60 cm. Kelebaran yang lebih lebar dari Speed Hump ini menyebabkan kendaraan harus melambat lebih perlahan ketika melewatinya.

Speed Table adalah jenis polisi tidur yang memiliki tinggi yang lebih tinggi dibandingkan dengan Speed Hump. Tinggi Speed Table berkisar antara 15 cm sampai 20 cm dengan lebar total antara 70 cm sampai dengan 80 cm. Kelebaran yang lebih lebar dari Speed Table ini menyebabkan kendaraan harus melambat lebih perlahan ketika melewatinya.

Semua jenis polisi tidur ini ditujukan untuk mengurangi kecepatan kendaraan dan meningkatkan keselamatan pejalan kaki dan pengguna jalan. Namun, penting untuk diingat bahwa polisi tidur harus dibangun sesuai dengan peraturan yang berlaku untuk mencegah masalah yang mungkin timbul.

Apakah kabar ini berguna?

Anda yang tentukan bintangnya!

Tingkat Kepuasan 5 / 5. Jumlah pemberi bintang: 1

Belum ada yang kasih bintang! Jadi yang pertama memberi bintang.

Karena kabar ini berguna untuk anda...

Kirimkan ke media sosial anda!

Jangan biarkan ragu menghentikan Anda dari memusnahkan arsip yang tidak diperlukan lagi! Chayra Solusi Arsip siap membantu Anda dengan cara yang aman, terpercaya, ramah lingkungan, dan efisien.

Hubungi kami sekarang untuk menghilangkan keraguan dan mendapatkan solusi arsip yang tepat untuk kebutuhan Anda!

Eksplorasi konten lain dari Chayra.ID

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca