7 Manfaat Digitalisasi Arsip

3.7
(3)

Seiring dengan kemajuan teknologi, banyak aspek kehidupan yang juga mengalami kemajuan. Termasuk juga sistem pengarsipan. Secara bertahap, banyak perusahaan yang mulai melakukan digitalisasi arsip. Baik sebagian atau pun seluruh dokumen dan arsip. Tapi, apa manfaat dari penyimpanan arsip secara digital ini?

Setidaknya, ada 7 manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan menyimpan arsip secara digital, yaitu:

1. Kemudahan Akses

Penyimpanan arsip secara digital membuat arsip tersebut dapat diakses kapan saja dan dari mana saja. Sehingga, karyawan yang memiliki kepentingan tidak harus datang ke kantor atau mengajukan lembur untuk mengakses data yang dibutuhkan.

Dapatkan Kabar Terbaru dari Kami melalui Whatsapp Channel Chayra.ID. Jadi, jangan ragu lagi! Temukan solusi terbaik untuk kebutuhan bisnis Anda

2. Kemudahan Kolaborasi

Digitalisasi arsip membantu kolaborasi antar rekan kerja, antar tim, atau pun dengan rekan kerja menjadi lebih lancar. Dokumen dapat dibuat, dimodifikasi, dan dikelola secara paralel. Sehingga, tidak ada dokumen kertas yang perlu dipindahkan ke sana-kemari.

3. Keamanan Data Lebih Baik

Dibandingkan dengan data fisik, data digital jauh lebih aman. Setiap data tersimpan dalam server dokumen pusat. Anda juga dapat menambahkan perlindungan ekstra pengamanan data jika diperlukan. Sehingga, risiko data rusak, hilang, atau tercuri sangat rendah.

4. Recovery Lebih Mudah

Karena satu dan lain sebab, suatu data bisa saja hilang. Namun, data digital cenderung lebih mudah dilakukan recovery. Sedangkan data fisik yang rusak atau hilang lebih sulit diperbaiki atau tidak mungkin diperbaiki.

5. Mudah Dicari

Mencari data mungkin bukan hal yang sulit jika data yang Anda miliki hanya puluhan atau ratusan data. Namun, akan sangat merepotkan jika Anda memiliki puluhan ribu atau bahkan jutaan data. Namun, jika menggunakan data digital, pencarian data bisa dilakukan dalam beberapa detik saja.

6. Pelayanan Lebih Maksimal

Dengan pencarian yang lebih mudah, waktu proses data juga lebih cepat. Di samping itu, hasil yang didapatkan juga lebih tepat dan akurat. Sehingga, user atau customer bisa mendapatkan pelayanan yang lebih memuaskan.

7. Hemat Biaya

Pada awalnya, digitalisasi arsip mungkin membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Namun, setelah seluruh dokumen terarsip dengan baik, Anda hanya perlu mengeluarkan biaya perawatan dan perpanjangan layanan saja. Sehingga, biaya pembelian kertas, map, atau lemari arsip bisa dikurangi bahkan dihilangkan.

Selain 7 manfaat tadi, tentu saja masih banyak manfaat lain dari pengarsipan data secara digital. Apalagi jika ruang lingkup pekerjaan Anda berkaitan dengan teknologi. Digitalisasi arsip sudah pasti menjadi hal penting yang harus dilakukan.

Apakah kabar ini berguna?

Anda yang tentukan bintangnya!

Tingkat Kepuasan 3.7 / 5. Jumlah pemberi bintang: 3

Belum ada yang kasih bintang! Jadi yang pertama memberi bintang.

Karena kabar ini berguna untuk anda...

Kirimkan ke media sosial anda!

Pandu langkahmu menuju kesuksesan sebagai seorang advokat dengan mengikuti Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) yang diselenggarakan oleh Chayra Institute, bekerjasama dengan DPN PERADI dan PMIH Universitas Pancasila.

Dalam program PKPA, kamu akan dibimbing oleh tenaga pengajar yang berpengalaman dan ahli di bidang hukum. Kurikulum yang disusun secara komprehensif akan memberikan pemahaman mendalam tentang aspek-aspek penting dalam praktik Hukum. Dapatkan pengalaman belajar yang berkualitas dan relevan dengan tuntutan profesi advokat saat ini.

Ikuti Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) yang diselenggarakan oleh Chayra Institute sekarang juga!

Berlangganan via Whatsapp

Share:

More Posts

Berlangganan via Email

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Send Us A Message

Eksplorasi konten lain dari Chayra.ID

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca