7 Manfaat Gunakan Platform Bisnis Digital Dalam Hadapi Perkembangan Ekonomi Digital

0
(0)

“Indonesia memiliki potensi besar untuk perkembangan ekonomi digital. Platform bisnis digital memungkinkan pelaku usaha untuk dijangkau secara global, melakukan pemasaran yang lebih efektif, menganalisis data yang lebih baik, dan memberikan fleksibilitas dalam transaksi. Temukan manfaat lainnya dengan menggunakan platform bisnis digital.”

Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki potensi besar untuk perkembangan ekonomi digital. Data Susenas 2019 menunjukkan bahwa proporsi pengguna internet di Indonesia telah meningkat dengan cepat dalam beberapa tahun terakhir, mencapai 43,52% pada 2019. Laporan Tahunan Bank Indonesia Tahun 2020 juga menunjukkan bahwa nominal transaksi e-commerce meningkat 19,55% pada triwulan III, dan secara keseluruhan tahun 2020, meningkat 29,6% pada 2020.

Pandemi yang terjadi memberikan dorongan bagi masyarakat untuk melakukan transaksi ekonomi dan keuangan digital, dengan semakin maraknya penggunaan platform e-commerce dan instrumen digital. Ini juga disertai dengan kuatnya preferensi dan akseptasi masyarakat akan digital. Dengan pertumbuhan pengguna internet yang pesat, Google, Temasek, dan Brain & Company (2019) memperkirakan bahwa Indonesia akan tumbuh menjadi raksasa ekonomi digital di Asia Tenggara pada 2025.

Dapatkan Kabar Terbaru dari Kami melalui Whatsapp Channel Chayra.ID. Jadi, jangan ragu lagi! Temukan solusi terbaik untuk kebutuhan bisnis Anda

Pada 2020, Kementerian Perdagangan menyatakan sedang mengejar gelombang kedua ekonomi digital dengan menciptakan ekosistem digital yang memfasilitasi produksi, logistik, hingga transaksi. Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi, menegaskan bahwa sektor e-commerce didorong untuk menjadi salah satu penopang ekonomi Indonesia. Berdasarkan data Kementerian Perdagangan, produk domestik bruto (PDB) Indonesia pada 2020 tercatat sebesar Rp15.400 triliun, sementara ekonomi digital Indonesia (EDI) tercatat sebesar Rp632 triliun.

 

Adapun manfaat yang akan didapatkan apabila pelaku usaha menggunakan platform bisnis digital yaitu:

  1. Pemasaran yang lebih efektif: Platform bisnis digital memungkinkan pelaku usaha untuk melakukan pemasaran dengan lebih efektif dan efisien, dengan menyasar audiens yang tepat dan membuat kampanye iklan yang lebih cepat dan mudah.
  2. Analisis data yang lebih baik: Platform bisnis digital menyediakan analisis data yang lebih baik, sehingga pelaku usaha dapat mengetahui tren pasar, profil pelanggan, dan lain-lain yang dapat digunakan untuk membuat keputusan bisnis yang lebih baik.
  3. Fleksibilitas dalam transaksi: Platform bisnis digital memungkinkan pelaku usaha untuk melakukan transaksi dengan lebih fleksibel, seperti melakukan transaksi secara online, melakukan pembayaran secara digital, dan lain-lain.
  4. Akses pasar yang lebih luas: Platform bisnis digital memungkinkan pelaku usaha untuk menjangkau pasar yang lebih luas, seperti menjangkau pelanggan di luar negeri, menjangkau pelanggan di daerah pedesaan, dan lain-lain.
  5. Peningkatan efisiensi operasional: Platform bisnis digital memungkinkan pelaku usaha untuk meningkatkan efisiensi operasional, seperti dengan mengurangi biaya operasional, meningkatkan efisiensi proses bisnis, dan lain-lain.
  6. Peningkatan keamanan transaksi: Platform bisnis digital menyediakan keamanan yang lebih baik dalam transaksi, seperti dengan menggunakan enkripsi yang lebih kuat, menyediakan autentikasi yang lebih baik, dan lain-lain.
  7. Kemudahan dalam melakukan analisis: Platform bisnis digital memungkinkan pelaku usaha untuk melakukan analisis dengan lebih mudah, seperti dengan menyediakan alat analisis yang lebih baik, menyediakan laporan yang lebih baik, dan lain-lain.
  8. Peningkatan interaksi dengan pelanggan: Platform bisnis digital memungkinkan pelaku usaha untuk meningkatkan interaksi dengan pelanggan, seperti dengan menyediakan layanan pelanggan yang lebih baik, menyediakan layanan konsultasi yang lebih baik, dan lain-lain.
  9. Dapat dijangkau secara global: Platform bisnis digital memungkinkan pelaku usaha untuk dijangkau secara global, sehingga dapat menambahkan pelanggan dari berbagai negara dalam skala besar. Ini akan meningkatkan potensi bisnis dan memberikan kesempatan untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Selain itu, dengan dapat dijangkau secara global, pelaku usaha juga dapat meningkatkan kompetitivitas bisnis dan meningkatkan daya saing di pasar global.

Namun, perlu diingat bahwa selain membuka peluang baru, dapat dijangkau secara global juga menuntut pelaku usaha untuk memahami regulasi dan peraturan di negara-negara yang akan dijangkau.

Apakah kabar ini berguna?

Anda yang tentukan bintangnya!

Tingkat Kepuasan 0 / 5. Jumlah pemberi bintang: 0

Belum ada yang kasih bintang! Jadi yang pertama memberi bintang.

Karena kabar ini berguna untuk anda...

Kirimkan ke media sosial anda!

Ingin kantor Anda lebih rapi dan teratur? Jangan biarkan arsip-arsip berantakan mengganggu produktivitas Anda! Chayra Solusi Arsip siap membantu Anda melakukan penataan arsip dengan cara yang efektif dan efisien.

Jangan biarkan arsip kantor menjadi masalah yang mengganggu kinerja Anda. Hubungi Chayra Solusi Arsip sekarang dan rasakan sendiri manfaat dari penataan arsip yang efektif!

Eksplorasi konten lain dari Chayra.ID

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca