5 Fungsi Pendaftaran Merek Bagi Bisnis

5
(14)

Ketika terjun ke dunia bisnis tentunya Anda perlu membuat sebuah nama atau brand kemudian didaftarkan ke DJKI. Salah satu fungsi pendaftaran merek adalah agar produk semakin dikenal oleh masyarakat.

Selain itu apabila sudah terdaftar maka nama brand tersebut tidak akan bisa digunakan oleh orang lain karena sudah dilindungi oleh hukum. Penting juga untuk membuat nama merek yang mudah diingat oleh masyarakat.

Fungsi Pendaftaran Merek

Melakukan pendaftaran merek online di DJKI akan membuat konsumen lebih percaya akan kualitas produk yang Anda jual. Hal ini tentu akan menarik minat konsumen sehingga angka penjualan bisa meningkat.

Dapatkan Kabar Terbaru dari Kami melalui Whatsapp Channel Chayra.ID. Jadi, jangan ragu lagi! Temukan solusi terbaik untuk kebutuhan bisnis Anda

1. Produk Memiliki Identitas

Sebenarnya manfaat melakukan pendaftaran merek secara online sudah diterangkan dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Geografis. Berdasarkan peraturan tersebut ada banyak fungsi mendaftarkan merek.

Salah satunya adalah agar produk Anda memiliki identitas. Setiap produk yang Anda luncurkan akan membentuk identitas apakah produk tersebut dijual dengan mengedepankan kualitas atau identitas lainnya.

2. Merasakan Nilai Ekonomis

Apa fungsi pendaftaran merek yang berikutnya? Fungsinya adalah merasakan nilai ekonomis. Perusahaan yang berhasil membentuk branding biasanya akan lebih mudah diterima oleh masyarakat sehingga bisa menarik banyak konsumen.

Adapun produk yang tidak memiliki identitas biasanya kurang dipercaya oleh masyarakat sehingga ragu-ragu untuk membeli. Oleh karena itu penting untuk melakukan pendaftaran merek dagang agar produk Anda bisa diterima pasar.

3. Dilindungi Oleh Hukum

Fungsi pendaftaran merek yang berikutnya adalah dilindungi oleh hukum dan Anda akan mendapatkan sertifikat merek dagang dari Menteri Hukum dan HAM. Sebaliknya jika belum mendaftarkan merek dagang maka tidak mendapatkan perlindungan hukum.

Kerugiannya adalah apabila ada orang yang menggunakan brand yang sama atau melakukan pencurian, pemilik perusahaan tidak bisa menuntut pencuri tersebut.

Selain itu fungsi merek dagang yang lain adalah negara akan memberikan perlindungan penuh selama 10 tahun.

Setelah 10 tahun Anda bisa melakukan perpanjangan. Sistem yang digunakan adalah siapa yang daftar duluan maka merek tersebut yang akan diterima. Hal ini agar terhindar dari pendomplengan atau pencurian merek.

4. Membuka Peluang Bisnis yang Besar

Fungsi pendaftaran merek dagang yang keempat adalah membuka peluang bisnis. Dalam dunia bisnis kolaborasi adalah hal penting agar bisnis Anda bisa lebih berkembang dan dikenal masyarakat luas.

Biasanya pebisnis hanya ingin melakukan kerja sama dengan perusahaan yang sudah memiliki sertifikat merek dagang karena dinilai lebih terpercaya. Oleh karena itu jika ingin mendapatkan kesempatan kolaborasi segera daftarkan brand Anda.

5. Sebagai Tanda Pembeda dengan Kompetitor Lain

Fungsi dari daftar merek adalah sebagai pembeda dengan kompetitor lain. Agar produk cepat laku tentu bisnis Anda harus memiliki ciri khas atau keunikan yang berbeda dari kompetitor lain.

Salah satu caranya adalah dengan mendaftarkan brand tersebut ke DJKI. Setelah mendapatkan sertifikat dari menteri hal tersebut bisa menjadi pembeda dengan kompetitor bisnis yang belum memiliki sertifikat.

Tentu saja hal ini sangat bermanfaat bagi penjualan karena produk jadi cepat laku. Apalagi jika produk Anda memiliki kualitas yang lebih bagus dibanding produk lain pasti bisa meraih banyak konsumen.

Jika Anda merilis produk baru tentu akan lebih mudah diterima oleh pasar.

Penutup

Ada banyak fungsi pendaftaran merek yang bisa Anda rasakan seperti mudah diterima pasar. Ketika mendaftar penting untuk mengetahui produk Anda masuk di kelas merek nomor berapa.

Jika masih bingung mendaftarkan merek dagang Anda bisa meminta bantuan dari Chayra Solusi HKI layanan jasa pendaftaran merek dari http://chayra.id/.

Apakah kabar ini berguna?

Anda yang tentukan bintangnya!

Tingkat Kepuasan 5 / 5. Jumlah pemberi bintang: 14

Belum ada yang kasih bintang! Jadi yang pertama memberi bintang.

Karena kabar ini berguna untuk anda...

Kirimkan ke media sosial anda!

Ingin memulai bisnis Anda sendiri dengan PT atau CV resmi, tetapi bingung dengan biayanya? Jangan khawatir! Chayra Solusi Legalitas Usaha hadir untuk membantu Anda dalam memulai bisnis impian Anda dengan biaya terjangkau mulai dari 500 Ribu Rupiah saja!

Dapatkan PT dan Ijin Usaha resmi dengan proses yang cepat dan mudah. Jangan ragu untuk menghubungi Chayra Solusi Legalitas Usaha sekarang juga dan mulailah bisnis impian Anda dengan mudah dan terpercaya.

Hubungi kami sekarang!

Berlangganan via Whatsapp

Share:

More Posts

Berlangganan via Email

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Send Us A Message

Eksplorasi konten lain dari Chayra.ID

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca